Cara Edit Video dengan Powerdirector

Posted on

Di postingan kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara edit video dengan Powerdirector, baik di HP Android dan juga Laptop dengan versi Powerdirector 16 atau versi Pro semua caranya sama saja.

Cara memakai software Cyberlink Powerdirector ini sangatlah mudah, jika kamu terbiasa memakai aplikasi edit video lain maka kamu akan cepat meahami. Baik langsung saja kita ke tutorialnya.

Cara Edit Video dengan Powerdirector di Android dan Laptop

Cara Menggunakan Powerdirector Android

cara menggunakan powerdirector android

Langkah 1: Pilih klip yang akan digunakan

Kamu bisa mencari klip video yang direkam di HP kamu dengan mengetuk tombol “Mediadi PowerDirector Mobile. Lalu akan terbuka browser/file manager.

Di tab pertama kamu akan menemukan video, dan tab berikutnya adalah untuk foto, dan kemudian audio.

Langkah 2: Drag dan urutkan klip di timeline

Setelah menemukan konten video, foto, dan audio di smartphone kamu, kemudian drag and drop konten media tersebut ke timeline PowerDirector.

Untuk mengatur urutan objek di timeline, cukup tap untuk memilih video atau objek foto pada timeline dan seret ke lokasi yang diinginkan.

Kamu juga bisa mengganti objek dengan drag item media pustaka dan drop ke objek timeline.

Langkah 3: Trim dan atur video

Untuk memotong klip video, tap untuk memilih objek video, dan geser titik kontrol berwarna hijau untuk menyesuaikan titik awal dan akhir klip.

Kamu bisa menggunakan metode yang sama untuk memotong audio,
atau untuk mengatur durasi tampilan foto.

Note: Untuk hasil video yang maksimal jangan lupa gunakan transisi, atau efek video lainnya. Dan untuk audio, mungkin berguna untuk menggunakan efek transisi seperti fade out.

Banyak sekali fitur yang bisa kamu dapatkan di Powerdirector pro untuk Android yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat intro YouTube atau membuat video YouTube.

Langkah 4: Rekam suara untuk voiceover

Di bawah pemilihan media di PowerDirector Mobile, pada tab “Audio” (lihat langkah 1), kamu akan menemukan tombol Voiceover. Kamu bisa menambakan suara kamu ke dalam video jika ingin.

Setelah menekan voiceover kamu akan melihat tombol “REC” berwarna merah dan pengukur suara. Posisikan garis kursor biru ke tempat perekaman suara akan dimulai lalu tap REC untuk memulai.

Sebuah indikator akan memberi kamu waktu beberapa detik sebelum bersiap berbicara. Rekam suara kamu saat berbicara ke mikrofon internal perangkat.

Setelah selesai, kamu bisa memotong rekaman untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan.

Langkah 5: Produce dan upload

PowerDirector Android menyediakan beberapa opsi produksi. Kamu bisa membuat file video dalam format MP4, atau mengupload video langsung ke Facebook & YouTube.

Cara terbaik adalah dengan menyimpan video di smartphone kamu terlebih dahulu. Klik di editor pada tombol “play-out”.

Di menu berikutnya Anda dapat memilih tempat untuk memproduksi video: “Produce & Save Movie”. Pilih video kualitas HD (MP4, 30 fps). Setelah itu video akan tersimpan ke galeri smartphone kamu.

Baca informasi lainnya: Cara Menggunakan Aplikasi Edit Video Soloop

Cara Menggunakan Powerdirector di Laptop

Cyberlink Powerdirector adalah opsi yang tepat untuk proses pengeditan video. Fitur-fitur yang disediakannya sangat lengkap.

Mari kita lihat cara edit video dengan Powerdirector serta beberapa fitur pengeditan dasar yang kamu perlukan untuk membuat video dengan perangkat aplikasi pengeditan video ini.

Mengimpor Media

Mengimpor media ke Cyberlink PowerDirector cukup sederhana. Cukup klik tombol “Import Media” yang terletak di atas perpustakaan media, kamu bisa memilih opsi “Import media file” atau “Import media folder”.

Memilih opsi “Import media file” kamu hanya bisa mengimpor satu file. Tetapi, untuk mengimport banyak file sekaligus, kamu bisa pilih opsi “Import media folder”.

Video Editing Dasar

cara edit video dengan powerdirector di laptop

1. Menggabungkan proyek

Jika kamu mengerjakan lebih dari satu proyek di PowerDirector, kamu bisa menggabungkannya menjadi satu proyek dengan mengimpor proyek kedua ke timeline proyek yang sedang kamu kerjakan.

Tempatkan kursor ke tempat di timeline dimana kamu ingin menempatkan proyek yang kamu impor, lalu buka File dan pilih opsi “Insert Project” dari menu.

Jendela baru akan muncul di layar dan pilih proyek yang ingin kamu impor, setelah kamu menemukan proyek tersebut, klik proyek dan klik tombol OK.

2. Split video

Opsi split bisa kamu gunakan untuk membagi klip video menjadi dua bagian dan kamu bisa menghapus segmen klip yang tidak ingin kamu gunakan.

Untuk melakukannya, pilih klip yang ingin kamu pisahkan dan klik “Tombol Split” yang terletak di toolbar di atas timeline. Kamu bisa membagi klip video menjadi beberapa segmen sesuai yang kamu inginkan.

3. Memotong Video

Kamu bisa menggunakan fitur trim untuk menghapus bagian klip video yang tidak ingin kamu gunakan. Kamu bisa melakukan “Single trim” atau “Multi trim”, tergantung pada kebutuhan Anda.

Untuk melakukannya, pilih klip yang ingin kamu pangkas, lalu klik tab “Single trim”. Seret penggeser ke posisi di mana kamu ingin melakukan pemotongan dan tekan OK.

Klik pada tab “Multi trim” dan klik pada ikon “Mark In” dan “Mark Out” untuk melakukan pemotongan sekali banyak pada klip video.

Baca informasi lainnya: Cara Edit Video di Instagram

Mengedit Audio dan Gambar

Wave Editor PowerDirector akan memungkinkan kamu membuat semua perubahan pada file audio.

Akses ke Wave Editor, dengan cara pilih klip audio dan kemudian klik kanan dan ilih opsi “Edit Audio in Wave Editor”, silahkan edit dan perubahan akan otomatis ditampilkan di timeline.

Untuk mengubah nilai contras, balance, atau saturation pada gambar, kamu bisa menggunakan fitur PhotoNow PowerDirector. Fitur PhotoNow, dapat dikses dengan cara klik pada gambar yang ingin kamu edit dan klik tombol “Edit Image”.

Efek video

Efek video dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas video. Jika kamu ingin menambahkan efek video di PowerDirector, pilih klip yang ingin kamu tambahkan efek video dan klik ikon “Power Tools”.

Efek seperti Trim Video atau Video Speed akan memungkinkan lamu memperbesar bagian penting dalam klip video atau menerapkan efek Slow Motion.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah durasi klip audio agar sesuai dengan durasi video setelah menerapkan Slow Motion atau membuat Freeze Frame untuk menampilkan satu bagian klip.

Baca informasi lainnya: Aplikasi Video Bokeh

Simpan dan Backup Project

Untuk membuat cadangan file kamu sebelum mengekspor, buka File dan pilih Ekspor, lalu klik opsi “Pack Project Materials”.

Pilih folder untuk menyimpan file dari proyek kamu dan buat folder baru, beri nama folder tersebut dan klik OK. File kamu sekarang aman dan kamu bisa mengekspor file video dengan aman.

Selama proses pengeditan, simpan proyek secara teratur. Kamu bisa melakukan ini dengan mengklik menu File dan kemudian memilih opsi “Save Project” atau “Save Project As”.

Video Tutorial:

Dengan Powerdirector kamu juga bisa membaut video cinematik yang lagi populer itu loh. Ingin tahu caranya? Tonton video ini:

Baca informasi lainnya: Tutorial Edit Video Green Screen di HP

Demikianlah tutoral tentang cara edit video dengan Powerdirector yang bisa kamu ikuti baik menggunakan Android atau Laptop. Semoga artikel ini bermanfaat.