Cara Edit Video yang Menarik dan Profesional

cara edit video yang menarik keren dan profesional

Membuat video pertama itu bisa terasa seperti perjuangan. Sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai dan keterampilan, teknik, dan konsep mana yang perlu Kamu ketahui agar cara edit video kamu bisa berhasil.

Namun, mempelajari cara mengedit konten video tidaklah sulit dan Kamu tidak sendirian!

Kami Aptoide.id di sini untuk membantu Kamu memulai video pertama Kamu. Postingan ini akan memandu Kamu melalui apa yang perlu Kamu ketahui untuk mengedit video Kamu sendiri.

Meskipun kamu menggnakan aplikasi edit video terbaik untuk samrtphone dan aplikasi edit video PC, semua itu tidak akan membuatmu menjadi profesional jika kamu tidak tahu dasar-dasar dalam membuat video.

Nah, oleh karena itulah Aptoide.id akan membagikan langkah-langkah yang harus kamu lalui dalam proses pembuatan sebuah konten video yang menarik, keren dan terlihat profesonal.

Langkah-langkah Cara Edit Video

Selain menguasai cara edit video menggunakan software atau aplikasi, ada beberapa langkah penting sebelum itu. Yaitu proses pebuatan ide kreatif dan menuangkannya ke dalam sebuah video.

Berikut cara edit video yang baik langkah demi langkah yang harus kamu lalui.

Rekam dengan ukuran yang tepat

Cara edit video yang baik dan benar pertama adalah dengan membuat proyek dengan ukuran layar yang tepat sesuai dengan video yang kamu rekam.

Jadi dalam istilah dimensi umum, Kamu mungkin pernah mendengar tentang resolusi 720p atau 1080p, apa pun yang Kamu rekam adalah rangkaian layar Kamu.

Dalam kasus kami, layar kami beresolusi 1080p, kami ingin memastikan bahwa rekaman kami disetel untuk 1080p yang sama, yang kami edit di aplikasi edit video apa pun yang kami edit dalam 1080p.

Dan kami memproduksinya pada resolusi 1080p, dan itu karena kami dapat mengontrol tampilan konten di komputer kami.

Tapi kami tidak bisa memutuskan bagaimana orang lain akan mengkonsumsinya, atau di mana mereka akan mengkonsumsinya. Jadi kami ingin memberi mereka produk terbaik yang kami bisa.

Siapkan editor video

Jadi kamu sudah menyiapkan folder dari hasil rekaman yang kami lakukan sesuai dengan resolusi yang kamu pilih. Dan hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan aplikasi editor video.

Kemudian pastikan bahwa kamu memiliki video yang menarik. Dan pastikan kamu memiliki skrip yang kamu buat untuk proyek ini.

Bacalah berulang kali agar kamu memahami alur cerita dan itu menentukan cara kamu dalam mengedit video dan memanfaatkan semua fitur yang ada dalam aplikasi editing video.

Kemudian cara edit video dengan memasukan musik yang sesuai dengan isi video sebagai backsound adalah pilihan yang tepat. Hal ini untuk membuat video lebih hidup dan menarik.

Tambahkan media

Dan mari kita isi kotak media. Jadi kamu sudah merencanakan tentang video yang akan kamu buat. Kemudian tambahkan beberapa media pelengkap untu mendukung materi dalam video kamu.

Beberapa media seperti musik latar, video intro dan outro yang kamu siapkan sebelumnya. Rekaman layar tanpa audio apapun. Dan sulih suara kamu yang belum diedit.

Jadi untuk cara edit video selanjutnya, silahkan import semua media tersebut ke dalam aplikasi edit video yang kamu gunakan.

Pertama dan terpenting kamu harus selalu menyimpan dan memastikan kamu terus memperbarui proyek ini sesering mungkin. Simpan file dengan selalu menekan Ctrl+S setiap porses editing agar tidak kehilangan file.

Karena jika sesuatu terjadi, atau aplikasi editor video kamu tiba-tiba keluar tanpa sengaja, proyek kamu buat sudah tersimpan dengan perubahan terakhir yang kamu buat dalam video.

Baca informasi: Aplikasi Edit Video YouTuber

Potong beberapa klip

Jadi kamu mungkin membuat beberapa pemotongan di sana-sini untuk memastikan durasi video tidak terlalu panjang. Potong bagian-bagian klip dalam video yang tidak terlalu penting.

Pada langkah cara edit video ini Kamu dapat melakukan apa yang kamu anggap bisa mempersingkat proses pengeditan Kamu. Jadi sasaran melakukan pengeditan adalah fokus pada klip klip inti dari video kamu.

Tunjukkan hal-hal yang paling penting, menunjukkan hal-hal yang akan memberi Kamu nilai paling tinggi. Tetapi jika seseorang tidak perlu melihatnya, potong saja.

Fokuskan perhatian penonton

Oke, jadi setelah kamu melakukan pemotongan, cara edit video selanjutnya jelas masih banyak lagi yang akan kamu buat secara personal.

Tetapi hal berikutnya yang ingin kamu lakukan adalah melihat naskah kamu dan mencari tahu di mana kamu ingin menarik perhatian pemirsa atau penonton.

Di sinilah kamu akan mulai menerapkan hal-hal seperti memperbesar layar, menggeser-geser, atau semacam representasi layar yang menarik perhatian penonton.

Jadi jika kita pergi ke bagian video kamu di mana kamu mulai berbicara kamu bisa memfokuskan arah kamera ke wajah kamu. Itu akan membuat penonton merasa sedang berinteraksi langsung dengan kamu.

Jadi kamu bisa menerapkan zoom pada proyek, untuk memastikan bahwa kamu menarik perhatian pemirsa ke bagian video itu. Hal-hal sederhana seperti itu akan menarik perhatian penonton.

Baca informasi: Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta

Jangan berlebihan

Saat Kamu mulai memasuki bagian penyempurnaan setelah Kamu memotongnya, memangkasnya. Cara edit video yang terbaik adalah jangan lakukan pengeditan secara berlebihan.

Berlebihan yang kami maksud adalah menambahkan terlalu banyak anotasi atau efek dan musik yang tidak perlu. Cukup berikan informasi sebaik mungkin yang penonton ingin dapatkan dari video kamu.

Mungkin dengan meambahkan beberapa efek atau backsound dapat membuat video lebih menarik. Tetapi membuatnya secara berlebihan, akan membuat video tidak fokus pada inti dari video.

Produksi dan Ekspor video

Pada langkah cara edit video ini ketika kamu sudah menyelesaikan proyek kamu. Di situlah kamu memutuskan beberapa hal. Sekarang saatnya kamu mengekspor proyek kamu dalam bentuk video.

Dalam hal ekspor ini salah satu hal perlu kamu perhatikan adalah resolusi dan format video. Seperti yang sudah kami singgung di awal, kamu harus menentukan resolusi video.

Jadi saat mengekspor video, kamu bisa memilih resolusi yang kamu butuhkan, karena berapa lama proses ekspor ini akan dipengaruhi dengan resolusi dan durasi dari video kamu.

Resolusi video 1080p akan lebih cepat dirender daripada resolusi 4k. Jadi pastikan kamu menentukan resolusi yang tepat.

Dan untuk format video, kamu bisa menggunakan format .mp4 karena ini merupakan format yang paling umum digunakan, dan dapat diputar di berbagai aplikasi video player dan pemutar video online seperti YouTube.

Tips Tambahan Cara Edit Video

Satu hal yang selalu ingin kami dorong agar kamu lakukan adalah membuat keputusan dengan cepat saat mengedit. Hal ini erat kaitannya dengan script dan story board yang kamu buat.

Dengan story board kamu sudah memahami alur adegan dalam video dan kamu bisa membayangkan hasil akhir dari proyek video kamu.

Hal yang membuat proses editing video memakan waktu lama adalah, kamu memikirkan bagian-bagian video mana yang ingin kamu pertahankan dan kamu potong.

Serta mencari efek atau lagu apa yang cocok dalam video kamu saat proses mengedit itu juga akan memakan waktu. Jadi sebaiknya, sebelum mulai proses editing, ada baiknya kamu persiapkan semua bahan dulu.

Setelah semua bahan seperti media, lagu, efek, dll.. sudah kamu pesiapkan, baru kamu bisa mulai mengedit. Jadi kamu hanya perlu menambahkan media tersebut ke dalam video tanpa harus mencarinya.

Baca informasi: Cara Edit Video YouTube

Itulah tips langkah demi langkah tentang cara edit video yang baik dan benar yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran dalam mengedit video. Selamat mencoba!