Cara Melacak HP yang Hilang

Posted on
Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati dengan Nomor IMEI

Cara Melacak HP yang Hilang – Kehilangan ponsel adalah pengalaman yang membuat stres, tetapi ada cara untuk sedikit meredakannya. Tarik napas dalam-dalam dan gunakan alat bawaan Android untuk melacak ponsel Kamu yang hilang.

Karena mungkin HP kamu merupakan perangkat yang paling penting dalam kehidupan atau pekerjaan kamu, yang berisi informasi penting seperti kontak, dan data-data didalamnya. Belum lagi, mengganti HP merupakan modal yang cukup besar.

Jika ponsel Kamu hilang, jangan panik! Ada alat yang terpasang di setiap ponsel Android yang memungkinkan untuk mengunci dan melacak ponsel yang hilang dengan mudah.

Di bawah ini Aptoide.id akan memandu Kamu menggunakan alat gratis yang tersedia untuk membantu Kamu menemukan ponsel Kamu yang hilang.

1. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Aplikasi Find My Device

Setiap kali Kamu masuk ke HP Android dengan akun Google, aplikasi Find My Device akan hidup secara otomatis. Layanan Find My Device gratis dari Google bisa Kamu gunakan jika ponsel Kamu hilang untuk dilacak, mengunci dari jarak jauh, dan menghapusnya dari jarak jauh.

cara melacak HP yang hilang dengan Find My Device
  • Periksa untuk memastikan Find My Device diaktifkan di ponsel Android Kamu dengan membuka Pengaturan dan masuk ke Keamanan & Lokasi> Find My Device.
  • Atau, jika perangkat Kamu tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, buka Google> Keamanan> Find My Device.
  • Silahkan hidupkan aplikasi dengan menggeser sakelar ke posisi On.
  • Terakhir, pastikan mengamankan dan menghapus perangkat dari jarak jauh sudah aktif melalui situs android.com/find di komputer Kamu.
  • Pilih HP Kamu, dan klik Set Up Secure & Erase. Notifikasi akan dikirim ke HP Kamu, lalu ketuk notifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses penyiapan.

2. Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan IMEI

Ada banyak aplikasi pencari ponsel yang hilang di Google Play, seperti Aplikasi Anti Theft Pelacak IMEI Semua Lokasi Ponsel, dan sebagainya. Sebagian besar dapat diaktifkan melalui SMS yang Kamu kirim, beberapa dukungan menggunakan nomor IMEI. Mari kita ambil contoh pertama.

cara melacak hp yang hilang dengan imei
  • Download Aplikasi AntiTheft App & IMEI Tracker All Phone Location di ponsel Kamu.
  • Jalankan aplikasi, dan izinkan semua akses yang dibutuhkan Aplikasi pelacak IMEI. Jika Kamu perlu melacak ponsel Kamu, untuk mengaktifkan fungsi penuh dari aplikasi.
  • Tekan “lanjutkan“, masukkan nomor IMEI ponsel Android Kamu yang hilang, periksa masukan Kamu, dan ketuk “Lacak“.
  • Kemudian akan muncul Jendela kecil yang terdapat daftar tempat, dan menunjukkan lokasi serta seberapa dekat ponsel dengan posisi Kamu.

Menggunakan nomor IMEI untuk melacak ponsel yang hilang bukanlah satu-satunya fungsi pelacak IMEI. Ada juga beberapa fungsi anti-pencurian penting yang harus Kamu ketahui.

Untuk melindungi perangkat Kamu lebih jauh dan mencegah pencurian Kamu harus mengatur nomor PIN dan mengingatnya.

Dengan demikian, Kamu dapat mengontrol ponsel yang dicuri dengan mengirimkan kode yang sesuai untuk membunyikan alarm, mengirim SMS tentang lokasi real-time, menyinkronkan data ke perangkat yang Kamu gunakan, dan banyak lagi.

Baca informasi: Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

3. Cara Melacak Hp Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan nomor HP sebenarnya sangat sulit dilakukan. Tapi, kamu bisa mencoba melacak HP kamu dengan layanan Google Maps. Karena Google Maps terkadang menyimpan lokasi terakhir dimana HP kamu berada.

Aplikasi bawaan Google ini bisa kamu gunakan untuk mencari HP kamu yang hilang dimana ponsel kamu berada sebelum mati. Lalu bagaimana cara melacak HP yang hilang menggunakan Google Maps?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka link Google Find atau Google Device Manager melalui laptop, PC, tablet, atau ponsel android lain.
  • Setelah tautan terbuka, coba masuk ke akun Gmail pribadi Kamu.
  • Kemudian Kamu memilih Accept atau Terima.
  • Setelah itu Kamu akan menemukan opsi menu dengan beberapa fitur yang dapat Kamu gunakan, seperti mengunci perangkat Kamu, membunyikan telepon Kamu, dan perintah untuk menghapus semua data yang Kamu miliki.
  • Jika tidak memilih opsi apa pun, kamu akan langsung diarahkan ke maps, untuk melihat dimana HP kamu berada.
  • Coba tekan ikon GPS yang terletak di sudut kanan pop-up. Namun kalau ternyata GPS di HP kamu mati (tidak aktif), kamu tidak bisa menemukan lokasi terkini dari HP kamu. Namun, kamu tetap bisa mereset HP kamu dengan menekan tombol erase. Setelah Kamu melakukan langkah-langkah tersebut, ponsel Kamu akan kembali ke pengaturan pabrik, dan Kamu dapat membuat pengaturan GPS untuk hidup kembali.
  • Setelah itu kamu bisa mengetahui lokasi HP kamu saat ini.

Baca informasi: Cara Menandai Lokasi di Google Maps

Jika Google Maps ternyata tidak menyimpan lokasi terkahir dari HP kamu yang hilang, kamu bisa coba langkah-langkah dalam video di bawah ini:

Apa yang Harus Dilakukan Jika HP Kamu Ternyata Dicuri?

1. Jangan Menghadapi Pencuri Sendirian

Jika ponsel Kamu yang hilang ternyata telah dicuri dan Kamu dapat melacak lokasinya, jangan coba-coba untuk mengambilnya sendiri. Karena itu sangat berbahaya.

Sebaiknya kamu coba hubungi polisi dan beri tahu mereka bahwa Kamu memerlukan bantuan untuk mendapatkan kembali ponsel yang hilang atau dicuri dengan menerangkan bahwa Kamu sudah melacak dan mendapatkan alamat dimana ponsel kamu berada.

2. Hubungi Operator dan Ajukan Klaim Asuransi

Jika sudah jelas bahwa Kamu tidak akan pernah mendapatkan ponsel Kamu kembali, hubungi operator Kamu dan laporkan ponsel Kamu sebagai hilang atau dicuri. Melakukan ini akan membuat blacklist telepon dari database operator, mencegah orang lain menggunakannya.

Saat Kamu menelepon, operator Kamu juga ingin menangguhkan layanan Kamu. Ini adalah ide yang bagus jika Kamu ingin mencegah seseorang menggunakan telepon Kamu.

Namun, perlu diingat bahwa jika Kamu masih melacak ponsel Kamu yang hilang, Kamu akan kehilangan koneksi seluler, dan kecuali ponsel entah bagaimana terdaftar di jaringan Wi-Fi, Kamu tidak bisa lagi melacaknya.

Terakhir, jika Kamu HP kamu didaftarkan dengan asuransi, Kamu harus mengajukan klaim dan membayar biaya yang dapat dikurangkan untuk mendapatkan ponsel pengganti.

Mulailah proses klaim asuransi melalui operator Kamu, yang kemungkinan besar akan merujuk Kamu ke perusahaan asuransi pihak ketiga yang akan mengganti ponsel Kamu yang hilang.

Baca informasi: Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

Penutup

Nah itulah 3 cara melacak HP yang hilang dengan aplikasi, nomor IMEI dan tanpa nomor HP meski dalam keadaan mati. Semoga berhasil!