Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Posted on
Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Semua Opertaor Tipe Ponsel

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid – Membahas tentang jaringan seluler tidak terlepas dari yang namanya pengecekan pulsa, kuota, dll.. dengan kode USSD. Untuk melakukan pengecekan ini, kamu harus mengirimkan kode dial tertentu, seperti *123#, *888#, dan lainnya.

Biasanya, setelah kode dikirim, pesan informasi akan muncul dari operator. Meski begitu, terkadang ada beberapa masalah yang mungkin muncul, seperti pesan masalah koneksi atau kode MMI tidak valid.

Nah, oleh sebab itu, di artikel ini Aptoide.id akan membahas beberapa penyebab dan juga cara mengatasi kesalahan sambungan atau kode MMI tidak valid.

Apa itu Kode MMI Tidak Valid?

Kode MMI (Man Machine Interface) merupakan kode perintah yang dapat kita gunakan untuk mengakses fitur-fitur khusus pada ponsel, biasanya terdiri dari kombinasi angka dan simbol. Contoh penggunaan kode MMI seperti mengecek pulsa atau mengecek nomor IMEI di ponsel.

Jadi apa yang dimaksud kode MMI tidak valid? sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan masalah koneksi atau kode MMI yang tidak valid tiba-tiba terjadi di smartphone Kamu.

Kenapa Sambungan Tidak Valid?

Mungkin Kamu bertanya-tanya, apa penyebab kode MMI tidak valid. Dan berikut adalah beberapa penyebab masalah koneksi atau kode mmi tidak valid:

  • Setting atau setting jaringan yang salah pada ponsel Android.
  • File Cache atau sampah yang telah terkumpul di sistem penyimpanan internal ponsel Android.
  • Ada bug di sistem smartphone Android yang menyebabkan error.
  • Kualitas sinyal jaringan kurang mendukung atau terlalu lambat.
  • Jaringan atau sinyal kurang bagus (lemah).
  • Mode Hanya 4G LTE (LTE Only)
  • Gangguan jaringan
  • Sistem bermasalah

Jika terjadi masalah seperti ini, akan berakibat fatal bagi banyak orang yang tidak bisa melakukan atau menerima panggilan bahkan tidak dapat menerima atau mengirim pesan teks.

Banyak sekali permasalahan mengenai kode mmi yang tidak valid ini, oleh karena itu mari kita membahasnya. Kami memiliki tips dan trik bagaimana cara mengatasi kesalahan sambungan kode MMI.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan / Kode MMI Tidak Valid

Nah, berikut tutorial mengatasi kode MMI tidak valid di semua operator, seperti Indosat, XL, Telkomsel, Three, Axis, dan lainnya. Cara ini berlaku juga untuk semua tipe ponsel Android seperti Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, dan lainnya.

1. Pastikan Kode USSD Benar

masalah sambungan kode MMI

Jika kamu menerima pesan atau informasi kode MMI tidak valid, mungkin penyebab utama masalah ini adalah kesalahan saat memasukkan kode dial USSD. Silahkan kode panggilan dengan benar. Dan jika bukan ini masalahnya, kamu bisa lanjut ke tip selanjutnya.

2. Nonaktifkan Kartu SIM

Kamu bisa menonaktifkan kartu SIM sementara, menonaktifkan kartu sim bisa memulai kembali jaringan di ponsel Kamu. Untuk menonaktifkan SIM card Kamu bisa masuk ke setelan/pengaturan kemudian cari kartu jaringan lalu nonaktifkan SIM card yang mengalami kode MMI tidak valid.

Kemudian tunggu beberapa detik, lalu aktifkan kembali dan tunggu sinyal muncul. Sekarang coba ulangi kode USSD. Seharusnya sekarang masalah sambungan kode MMI sudah tidak muncul lagi.

3. Restart Ponsel

restart ponsel

Tidak dapat dipungkiri, kita semua pasti pernah mengalami kesalahan semacam ini, bahkan kami pernah mengalami ini beberapa waktu lalu. Yang kami lakukan adalah mencoba mengatasinya dengan menerapkan hal yang sangat sederhana yaitu melakukan restart ponsel.

Dan tidak disangka-sangka hasilnya sukses. Ketika kami melakukan kode dial untuk cek kuota, pesan kode MMI yang tidak valid tidak muncul lagi. Hal ini terjadi karena biasanya ada masalah dengan sistem. Jadi, dengan melakukan restart ponsel bertujuan untuk menormalkan kembali atau refresh sistem pada ponsel Android.

4. Gunakan Mode Pesawat

hidupkan mode pesawat

Mengaktifkan mode pesawat dapat membantu menyegarkan atau merefresh jaringan dan memecahkan masalah kode MMI operator yang error. Caranya cukup aktifkan tombol Airplane Mode (ikon pesawat) pada notifikasi bar lalu tunggu 10 detik, lalu matikan lagi.

Jika sudah, coba restart ponse kamu. Setelah ponsel hidup kembali, Kamu bisa mencoba melakukan dial kode MMI lagi untuk melihat apakah masih terdapat kesalahn atau tidak.

Informasi lainnya: Aplikasi Penghemat Kuota

5. Gunakan Simbol Pada Kode MMI

Saat mengirimkan kode di dial kemudian muncul error, kamu bisa menggunakan simbol tertentu seperti koma “,” dan plus “+”.

gunakan kode tambahan

Tambahkan tanda koma “,”:

  1. Ketik kode Dial, contoh *888#
  2. Kemudian tambahkan tanda koma “,” di akhir kode menjadi *888,#
  3. Untuk menambah tanda koma “,” tekan dan tahan tombol bintang “*”

Tambahkan tanda plus “+”:

  1. Ketik kode Dial, contoh *123#
  2. Kemudian tambahkan tanda plus “+” menjadi *+123#
  3. Untuk menambah tanda plus “+” tekan dan tahan angka “0

6. Setel Jaringan ke 3G

setel jaringan ke 3G

Tahukah kamu bahwa jaringan LTE sebenarnya tidak bisa digunakan untuk mengirim SMS atau melakukan panggilan?Jadi, jangan heran jika muncul pesan “Invalid MMI code” atau “Kesalahan sambungan kode MMI” saat ponsel kamu menggunakan jaringan 4G.

Oleh karena itu, coba ubah dulu pengaturan jaringan dari 4G ke 3G, dengan cara seperti berikut:

  1. Silahkan masuk ke Setelan / Pengaturan.
  2. Buka pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Coba kamu ubah jaringan ke 3G atau 2G/3G/4G, lalu simpan.

Tip: Jika HP kamu sudah support VoLTE (Voice Over LTE), silahkan aktifkan.

7. Clear Cache Aplikasi Telepon

Dalam sistem smartphone Android untuk melakukan cek pulsa, melakukan panggilan baik nomor ponsel atau kode MMI, Dial, USSD, dan lainnya membutuhkan yang namanya aplikasi telepon. Nah, jika terjadi kode MMI tidak valid ada kemungkinan aplikasi telepon kita bermasalah.

Masalah ini bisa kita atasi dengan membersihkan cache dalam aplikasi Telepon. Untuk membersihkannya, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke Setelan/Pengaturan HP Android kamu.
  • Cari menu Aplikasi.
setelan aplikasi
  • Lalu cari aplikasi Layanan Telepon.
aplikasi layanan telepon
  • Tap tombol Hapus Data Cache untuk membersihkan cache.
hapus data cache

Dengan mebersihkan file cache yang ada pada aplikasi telepon, bisa menghilangkan kesalahan yang mungkin terjadi dalam aplikasi. Cara ini cukup efektif dalam mengatasi error kesalahan sambungan kode MMI.

8. Tunggu Sampai Jaringan Normal

Jika sudah mencoba cara-cara di atas tapi masih belum berhasil, ada kemungkinan provider jaringan yang Kamu gunakan memang mengalami gangguan. Solusinya yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu sampai jaringan normal kembali selama 1 hari, atau bahkan 2 hari.

Tapi ada baiknya kamu mencoba menggunakan kartu dengan provider berbeda terlebih dahulu, untuk mengecek apakah memang jaringan provider mengalami gangguan atau ponsel kamu yang bermasalah.

9. Reset Pengaturan Jaringan

Seringkali, melakukan reset pada pengaturan jaringan dapat menyelesaikan masalah terkait jaringan. Di bawah ini, Kamu memiliki langkah-langkah yang perlu Kamu ikuti untuk mengatur ulang pengaturan jaringan pada perangkat Android kamu:

cara reset pengaturan jaringan android
  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Cari menu Manajemen Umum
  • Pilih menu Reset, dan tap Reset Network Settings
  • Tap Reset lagi untuk mengonfirmasi pilihan Kamu

Perhatikan bahwa operasi ini akan mengembalikan pengaturan jaringan Kamu ke default. Namun, ini adalah salah satu solusi yang Kamu miliki untuk masalah jaringan atau kesalahan kode sambunang MMI.

Informasi lainnya: Cara Cek Nomor 3

10. Reset HP ke Stelan Pabrik

Jika kamu sudah mengganti kartu SIM dengan provider lain dan melakukan reset pengaturan jaringan, namun masih mengalami kode MMI tidak valid, kemungkinan besar ponsel kamu yang bermasalah. Untuk mengatasi ini maka tidak ada cara lain selain melakukan reset ponsel kamu ke setelan pabrik.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan error konfigurasi, atau error yang mungkin sebelumnya sudah terjadi di dalam sistem. Termasuk masalah sambungan kode MMI, tentunya sangat mungkin untuk diselesaikan dengan cara reset HP ini.

Untuk melakukan reset ponsel ke setelan pabrik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Setelan/Pengaturan
  2. Cari menu Backup & Reset
  3. Kemudian klik Factory data reset
  4. Centang yang dianggap benar, kemudian klik reset device.
  5. Proses reset android sedang berjalan sekitar 3-10 menit.
  6. Setelah selesai maka android akan restart secara otomatis.

Catatan: Melakukan reset ke setelan pabrik akan menghapus semua data-data yang tersimpan di ponsel. Jadi, sebelum melakukan reset, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu tonton video tutorial berikut ini:

Penutup

Nah, itulah beberapa 10 tips dan trik atau tutorial untuk cara mengatasi kode MMI tidak valid yang bisa kamu coba ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga masalah yang sama tidak akan terulang lagi pada ponsel kamu. Selamat mencoba!