Intel Core i7-1065G7

Posted on

Intel Core i7-1065G7 Integrated Graphics Permormance – Hai teman-teman! Sudah mencoba CPU terbaru dari Intel? Aptoide kali ini akan menguji CPU untuk gaming ultrabook menggunakan grafis terintegrasi G11 Iris Plus.

Review Intel Core i7-1065G7

Intel Core i7-1065G7

Pertama, beberapa takeaways dari tinjauan awal kami adalah: sejauh mana aplikasi multi-threaded, Ice Lake pada 10nm tidak menawarkan peningkatan terhadap turunannya Skylake 14nm quad-core yang ada seperti Comet Lake atau Whiskey Lake.

Dari sudut pandang kinerja dan efisiensi, dalam hal ini 10nm agak mengecewakan.

Kedua, Intel Core i7-1065G7 memang menghadirkan kinerja single-threaded yang lebih tinggi, dan yang terpenting untuk review hari ini adalah peningkatan kinerja GPU.

Sementara sebelum membahas game, desain dari Gen11 GPU yang baru telah membawa keuntungan yang signifikan untuk aplikasi produktivitas terbatas yang mengandalkan GPU dan berat.

Dan menjadikan Ice Lake pilihan yang bagus untuk beberapa beban kerja seperti Adobe Premiere.

Ketiga, itu tidak sangat meningkatkan apa yang telah tersedia di segi bentuk ultraportable karena Anda juga dapat menemukan GPU terpisah dalam sistem 13 inci yang tipis dan ringan.

Tetapi selama solusi single-chip berjalan, Ice Lake cukup baik.

Hari ini, kami berencana untuk pindah persneling untuk melihat kinerja game. Sebagian besar ultraportable yang menggunakan CPU 15 atau 25 watt tidak dirancang khusus untuk bermain game.

Itulah tujuan perangkat 15-inci Anda dibuat untuk sesuatu yang lebih besar – tetapi pembeli ultraportable mungkin masih mampu memainkan sedikit game biasa.

Mungkin bukan “Red Dead Redemption 2” jenis game, tetapi lebih ke “Fortnites dan Overwatches”, dll.. jenis-jenis permainan yang harus dimainkan pada grafis terintegrasi modern di dunia yang ideal.

Tapi seperti yang kita tahu, selama bertahun-tahun Intel GPU terintegrasi belum cukup kuat untuk menjalankan game populer seperti Fortnite atau bahkan CS: GO hanya mampu pada Low setting.

Mengapa begitu, dan mengapa begitu lambat begitu lemot? Ini karena perangkat keras yang telah mereka gunakan selama lima tahun terakhir.

Sejarah Singkat Intel GPU

Sejarah intel GPU

Sejak peluncuran Broadwell, seri 14nm CPU pertama Intel pada tahun 2014, Intel telah menggunakan desain GPU dasar yang sama untuk semua produk 14nm, sampai ke produk Comet Lake generasi ke-10 saat ini.

Intel Broadwell Core i7-5500U diluncurkan dengan Intel HD Graphics 5500, GPU tingkat GT2 dengan 24 unit eksekusi dan kecepatan clock maksimum 950 MHz.

Tahun berikutnya kami mendapat Skylake dengan HD Graphics 520, sebuah 100 MHz benjolan dari desain unit 24 eksekusi yang sama. Kemudian kita bergerak melalui Kaby Lake, Kaby Lake Refresh, Wiski Lake dan sekarang Comet Lake.

Artikel Lainnya : Tips Membersihkan Komputer/PC

Semua menggunakan beberapa varian Intel HD atau UHD 620 GPU, yang Anda duga, masih mengemas 24 unit eksekusi. Whiskey Lake Core i7-8565U untuk mengutip sebuah contoh, memiliki bagian yang clock pada 1150 MHz.

Dari Broadwell 2015 ke Comet Lake pada tahun 2019, satu-satunya peningkatan yang diberikan Intel pada GPU kelas 15W mereka adalah peningkatan kecepatan clock 200 MHz.

Empat setengah tahun untuk 200 MHz adalah peningkatan yang menyedihkan, terutama mengingat pada saat itu Intel telah menemukan cara untuk meningkatkan core CPU dari dua menjadi enam.

Tapi itu semakin buruk. Jika Anda kembali ke generasi ke-4, alias Haswell, ia menawarkan 20 unit eksekusi pada 1100 MHz pada 22nm.

Ketika Anda melihat peringkat GFLOPS untuk chip ini, Intel menawarkan 352 GFLOPS daya komputasi GPU pada 2013, dan awal tahun ini pada 2019 dengan Whiskey Lake mendapatkan 442 GFLOP.

Sekitar 25% lebih banyak kinerja mentah dalam lima setengah tahun. Dengan perolehan kecil semacam itu, tidak heran sistem ultraportable modern biasanya tidak mampu memainkan bahkan game kasual biasa.

Intel perlu melakukan sesuatu di sisi GPU, terutama dengan AMD yang menawarkan grafis yang lebih kuat dengan Ryzen Mobile.

Mereka mungkin berharap untuk mengeluarkannya lebih cepat, tetapi dengan penundaan 10nm, mereka harus menunggu sampai suku cadang Ice Lake generasi ke-10 untuk meluncurkan desain GPU Gen11 baru mereka, yang membawa keuntungan besar.

Itulah sejarah singkat tentang Intel GPU. Sekarang mari lanjut pada tahap tes gaming. Simak sampai habis ya!

Intel Core i7-1065G7 Gaming Benchmarks

intel cpu and gpu gaming benchmark

Pertama di rangkaian tes grafis terintegrasi 15W kami yang baru adalah game “Rocket League“, sebuah permainan yang harus dimainkan pada GPU semacam ini.

Pada 1080p asli dengan detail render diatur ke “quality,” ini seharusnya merupakan konfigurasi yang dapat dimainkan.

Namun pada solusi lama Intel, Intel benar-benar berjuang untuk memberikannya, dengan frame rate rata-rata tepat di atas 30 FPS dan terendah 1% pada 20-an.

Ini adalah hasil yang sangat buruk, tetapi kita semua tahu UHD 620 sangat lambat, jadi kami tidak terkejut.

Artikel Lainnya : Keyboard Shortcut

Dengan Ice Lake dalam konfigurasi 15W-nya, kinerja rendah 1% hanya sedikit naik, jadi pengalaman bermainnya bukanlah yang paling mulus, tetapi kinerja rata-rata adalah 52 persen lebih tinggi.

Namun, ini bukan peningkatan kinerja 2,5x ke 3x yang Anda harapkan dari perbedaan dalam raw spec throughput, jadi apa yang terjadi di sana?

Jawabannya adalah batas daya 15W terlalu ketat untuk menjalankan GPU pada frekuensi nilai maksimumnya. Ini bukan masalah dengan CPU 14nm sebelumnya.

Anda dapat melihat hanya ada peningkatan 15% untuk frame rate rata-rata ketika memberi 10710U peningkatan daya 10W.

Tetapi dengan Ice Lake, kami melihat peningkatan sebesar 38% untuk konfigurasi 25W lebih dari 15W. Ini membuat versi 25W jauh lebih diinginkan untuk gaming portabel daripada 15W.

rocket league benchmark

Ketika Anda membandingkan Ice Lake pada 25W dengan Comet Lake pada 25W, itu sangat menguntungkan untuk Ice Lake. Intel Core i7-1065G7 adalah 87% lebih cepat, peningkatan besar yang luar biasa.

Kami senang Intel menempatkan GPU cukup besar dalam chip seri-U mereka sekarang karena mereka melihat peningkatan kinerja pada 25W, karena itu membuat konfigurasi 25W lebih diinginkan dan berguna untuk OEM.

Itu juga sejalan dengan apa yang sudah kita lihat dengan GPU AMD dan bahkan Intel Ice Lake CPU: lebih banyak daya harus sama dengan lebih banyak kinerja.

Ryzen agak kurang terwakili karena kami hanya memiliki sistem uji Ryzen 5 2500U 25W yang tersedia, dengan Ice Lake tampil dengan tanda yang sama. AMD memang memiliki Ryzen 7 3700U yang lebih kuat di pasaran, yang kami duga akan meningkatkan kualitasnya.

Performa Intel Core i7-1065G7 Recommend Untuk Gaming?

gaming benchmark

Jadi kesimpulannya, Mengingat generasi sebelumnya dari grafik terintegrasi sangat lambat, ini menimbulkan pertanyaan: apakah keuntungan ini benar-benar membuat game modern dapat dimainkan pada grafik terintegrasi?

Untuk menjawab itu, kita perlu melihat lebih banyak judul game. Di luar permainan yang diuji sejauh ini, Rocket League dan CS: Go dapat dimainkan dengan nyaman di 1080p asli dengan pengaturan terendah.

Kami bisa mengatakan Civilization VI juga dapat dimainkan, dengan GTA V dalam status batas. Gears 5 pada pengaturan sedang tidak dapat dimainkan.

Krena dengan pengaturan terendah dan mengatur skala resolusi 900p pada Gears 5, game ini masih belum mencapai 30 FPS yang konsisten selama benchmark, dan bahkan untuk memenuhi persyaratan minimum itu biasanya berjalan di 72% dari 1080p.

Kelihatannya benar-benar mengerikan, jadi kami akan mengatakan permainan ini tidak dapat dimainkan di Ice Lake.

Artikel Lainnya : Microsoft Office 2016

Jadi, itulah ulasan kita tentang Intel Core i7-1065G7 Integrated Graphics Permormance – Test Gaming PC. Terima kasih telah mengunjungi Aptoide.id.