Pengertian Aplikasi: Sejarah, Jenis, Fungsi & Contoh

pengertian aplikasi sejarah fungsi jenis dan contoh

Pengertian Aplikasi – Di era sekarang kamu bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah hanya dengan smartphone, baik itu iOS atau Android. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran penting aplikasi.

Pengertian Aplikasi Secara Umum

Aplikasi adalah program software yang diciptakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak hanya di ponsel. Program yang ada di komputer juga bisa disebut aplikasi.

Aplikasi dibuat dan dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu di komputer, laptop, atau smartphone. Secara teknis, aplikasi back-end dibuat oleh programmer atau developer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Kemudian aplikasi front-end dapat di install pada perangkat elektronik untuk dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Seperti mengolah dokumen, komunikasi, desain grafis, keras, bermain game, dll.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa ahli berpendapat tentang tentang pengertian aplikasi sebagai berikut:

1. Sri Widianti

Aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat sebagai bagian depan dari suatu sistem yang digunakan untuk mengelola data sehingga menjadi informasi yang berguna bagi pengguna.

2. Rachmad Hamim

Aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti pengolahan dokumen, ankga, hiburan dan lain sebagainya.

3. Hengky Pratama

Merupakan software yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan.

4. Harip Santoso

Aplikasi adalah sekumpulan file (report, class, form) yang dibuat untuk menjalankan aktivitas terkait tertentu, misalnya; aplikasi aset tetap dan aplikasi penggajian.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Jauh sebelum aplikasi yang ada di komputer bisa berjalan secanggih saat ini, semua perangkat lunak (software) selalu mengandalkan aljabar Boolean.

Aljabar ini menggunakan kode biner digit (bit) yang terdiri dari dua angka yaitu 1 (true / on) dan 0 (false / off).

Kompleksitas penggunaan kode digit biner ini membuat orang pada saat itu mulai membuat kelompok bit yang terdiri dari nibles (4 bits), bytes (8 bits), words (2 bytes), dan doubel words (32 bits).

Kehadiran bit group ini cukup membantu dalam berbagai aktivitas yang dilakukan di software komputer.

Dengan bermacam bityang dikelompokan pada masa itu, para programmer mulai merangkai kode-kode tersebut menjadi bermacam-macam struktur instruksi.

Seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, hingga akhirnya terbentuk kode-kode baru yang kita kenal sebagai assembler.

Kode assembler ini kemudian menjadi cikal bakal terciptanya berbagai aplikasi yang kini dapat memfasilitasi berbagai aktivitas manusia.

Jenis-jenis Aplikasi

Aplikasinya sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

  • Aplikasi desktop: yang dijalankan di komputer atau pc.
  • Aplikasi web: yang berjalan di komputer dengan koneksi internet dan
  • Aplikasi mobile: yang dapat dijalankan di perangkat smartphone / mobile.

1. Klasifikasi Aplikasi Desktop

Di komputer, aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Aplikasi Pengolah Kata: Awalnya, aplikasi pengolah kata ini identik dengan Ms. Word. Namun, seiring waktu, semakin banyak aplikasi yang dapat memproses kata dan sangat membantu Anda dalam membuat berbagai dokumen.
  • Aplikasi Pengolah Angka: digunakan untuk memproses angka.
  • Aplikasi Pengolah Data: jenis aplikasi yang berguna untuk mengolah data menjadi kesimpulan atau analisis yang lengkap.
  • Aplikasi Pengolah Grafis: bertujuan untuk mengolah gambar atau grafik.

2. Klasifikasi Aplikasi Web

  • Web Media Sosial: Website yang digunakan sebagai sarana komunikasi berupa percakapan online yang dapat dilakukan siapa saja secara cepat dan realtime. Atau biasa disebut dengan media sosial.
  • Sistem Informasi Berbasis Web: Aplikasi web yang membantu kegiatan bisnis dan pekerjaan manusia. Sehingga proses kerja yang dilakukan dapat tersistem dengan baik, terpusat, dan terpantau menggunakan aplikasi.
  • Jual Beli Web dan Bisnis: Website yang digunakan untuk sarana transaksi jual beli secara online. Saat ini disebut e-commerce.
  • Pencarian web: Biasanya disebut Mesin Pencari. Mesin pencari dapat melakukan berbagai pencarian informasi dengan cepat dan akurat.
  • Informasi dan Web Berita: Website yang menampilkan informasi dan berita terkini dan terupdate dari seluruh dunia.
  • Aplikasi Server Web: Yaitu perangkat aplikasi, di mana Anda dapat menerima permintaan (request) dan juga dapat mengirimkan tanggapan dalam protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Aplikasi Browser Web: Perangkat lunak yang digunakan untuk membuka dan menjalankan suatu halaman atau situs web.

3. Klasifikasi Aplikasi Mobile

Aplikasi Native

Native Application dibuat dan di-install langsung dalam gadget. Aplikasi mobile ini menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang secara khusus untuk membuat aplikasi di suatu platform.

Misalnya, untuk membuat aplikasi Android, maka perlu menggunakan Java dan SDK Android, sedangkan aplikasi iOS harus menggunakan Objective-C dan iOS SDK, serta aplikasi mobile lain untuk platform lain.

Aplikasi Hybrid

Aplikasi mobile yang menggunakan bahasa pemrograman situs web (HTML5 dan PHP) yang dikombinasikan dengan bahasa pemrograman khusus untuk membuat aplikasi di perangkat tujuan.

Game

Aplikasi game berbasis mobile yang dikembangkan untuk platform tertentu. Aplikasi game jenis ini bisa berupa aplikasi mobile native, atau dengan menggunakan pemrograman aplikasi mobile hybrid.

Fungsi Aplikasi

Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang dikembangkan untuk bermacam tujuan. Yang tentu memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi dari aplikasi sendiri secara umum adalah sebagai berikut:

1. Meringankan Pekerjaan

Dengan adanya aplikasi, pekerjaan Anda akan lebih mudah. Seperti membuat surat dengan aplikasi word, atau membuat tabel akuntansi menggunakan excel, dan lain sebagainya.

2. Hidup Lebih Mudah

Dengan keberadaan berbagai aplikasi sangat mempermudah kehidupan. Misalnya aplikasi yang bisa membantu melihat peta, memesan makanan, memesan tiket, semuanya sekarang sudah berada dalam satu genggaman.

3. Media Hiburan

Selain bisa membantu pekerjaan, aplikasi juga bisa menjadi sarana hiburan. Aplikasi yang dapat menjadi hiburan misalnya seperti aplikasi game, musik, dan lain sebagainya.

4. Mendapatkan Berita Terbaru

Melalui aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan berita terbaru. Misalnya, membaca aplikasi berita atau podcast. Anda bahkan dapat mengaktifkan notifikasi agar tidak ketinggalan berita terbaru di smartphone Anda.

5. Media Pertemanan dan Komunikasi

Aplikasi juga bisa menghilangkan jarak untuk berkomunikasi. Dengan aplikasi seperti Whatsapp, Telegram, dan lain sebagainya, Anda dapat berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh.

Contoh Aplikasi

Berikut ini kami berikan beberapa contoh aplikasi yang dapat Anda temukan baik di smartphone Andrid, iOS maupun Komputer.

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan WhatsApp telah menjadi bagian penting bagi kita semua. Whatsapp merupakan aplikasi pengganti SMS yang dapat mengirim pesan serta melakukan panggilan suara dan video.

Anda tidak akan dikenakan biaya saat menelepon atau mengirim pesan menggunakan Whatsapp. Mungkin itulah yang membuat fitur SMS dan telepon hampir tergantikan oleh Whatsapp.

2. Instagram

Instagram adalah aplikasi media sosial yang khusus untuk berbagi foto dan video. Kalian bisa membagikan cerita atau momen berharga kalian kepada kerabat di Instagram melalui postingan feed dan juga story.

3. Youtube

Youtube adalah aplikasi video tempat mengupload video dan juga menonton miliaran video dari channel orang lain di seluruh dunia.

Bahkan pemilik channel juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi konten kreator di YouTube. Sangat menarik bukan? Ingin ikutan? Baca Cara Membuat Channel YouTube.

4. Microsoft Office

Aplikasi Ms. Office sekarang tidak hanya dapat digunakan di komputer saja, tetapi juga bisa di smartphone. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai macam pekerjaan kantor dengan mudah.

Dengan aplikasi ini kalian bisa mengolah kata, mengolah kata, membuat laporan pekerjaan, dan bahkan sebagai alat bantu presentasi.

5. Gmail

Dengan aplikasi email dan Membuat Akun Gmail di HP Anda bisa menulis surat dengan melampirkan dokumen, gambar, dan sebagainya. Sekarang kebanyakan orang sudah memiliki email.

Karena dengan memiliki akun email, kalian bisa mengakses berbagai macam layanan dari berbagai macam aplikasi yang disediakan oleh Google. Tapi syaratnya Anda harus Membuat Akun Google terlebih dahulu.

Dampak Buruk Aplikasi

Selain kecanggihan dan kegunaannya untuk membantu kehidupan sehari-hari kita, aplikasi juga memiliki dampak buruk jika kita salah dalam menggunakan atau menggunakannya secara berlebihan.

Berikut efek negatif dari aplikasi:

1. Virus Berbahaya

Virus pada perangkat dapat membahayakan ponsel atau komputer Anda, karena virus ini sangat merusak, dan yang terburuk adalah Anda akan kehilangan data penting.

Untuk mengatasi dan mencegah virus tersebut, gunakan aplikasi anti virus terbaik yang bisa melindungi smartphon atau PC Anda. Dan bahkan ada beberapa yang dapat meningkatkan kinerja dari perangkat.

2. Mengumpulkan Data Pribadi

Ada aplikasi tertentu meminta izin dari Anda untuk mengumpulkan data pribadi Anda. Penipuan bisa dimulai dengan data pribadi yang disalahgunakan, dan aplikasi bisa menjadi sumber bencana.

Dengan ijin yang tanpa kita sadari, aplikasi tersebut bisa mengakses kontak, data personal, lau menggunakannya dengan tujuan hal yang tidak kta inginkan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendownload aplikasi, perhatikan dan baca izin aplikasi yang anda install.

Sekian ulasan tentang Pengertian Aplikasi dan juga mengenal Sejarah, Jenis, Fungsi, Contoh dan Dampak Buruk aplikasi bagi perangkat. Semoga bermanfaat.