Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Posted on
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Sejarah dan Komponen

Di postingan kali ini Aptoide.id akan membahas tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, sejarah komponen, dan keahlian atau skill yang dibutuhkan dalam bidan TIK.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Definisi atau pengertian Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk menangani telekomunikasi, media penyiaran, sistem manajemen gedung cerdas, sistem pemrosesan dan transmisi audiovisual, dan fungsi kontrol dan pemantauan berbasis jaringan.

Meskipun TIK sering dianggap sebagai sinonim yang diperluas untuk teknologi informasi (TI), cakupannya lebih luas.

Teknologi informasi (TI) adalah penggunaan komputer untuk menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan memanipulasi data, atau informasi, sering kali dalam konteks bisnis atau perusahaan lain.

Sistem TI umumnya merupakan sistem informasi, sistem komunikasi atau, lebih khusus lagi, sistem komputer – termasuk semua hardware, software, dan peripheral device yang dioperasikan oleh beberapa atau kelompok pengguna terbatas.

Istilah ini biasanya digunakan sebagai sinonim dari komputer dan jaringan, tetapi mencakup juga teknologi distribusi informasi lain seperti TV dan telepon. TI dianggap sebagai bagian dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

TIK mencakup bidang berkemampuan internet dan seluler yang didukung oleh jaringan nirkabel.

Ini juga mencakup teknologi kuno, seperti telepon rumah, siaran radio dan televisi – yang semuanya masih banyak digunakan saat ini di samping potongan TIK mutakhir seperti kecerdasan buatan dan robotika. Daftar komponen TIK sangat lengkap, dan terus bertambah.

Beberapa komponen, seperti komputer dan telepon, telah ada selama beberapa dekade tetapi smartphone, TV digital, dan robot adalah entri yang lebih baru.

Sejarah singkat Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK)

sejarah tik teknologi informasi dan teknologi
wikimedia.org

1. Komputer

Istilah “komputer” berasal dari bahasa Latin “computus” dan “computare“. Kedua kata Latin tersebut berarti menentukan dengan cara matematika atau dengan metode numerik. Kata kerja bahasa Inggris “compute” memiliki arti yang sama.

Pada dasarnya, komputer adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram yang melakukan kalkulasi matematis dan operasi logis, terutama yang dapat memproses, menyimpan, dan mengambil informasi dalam jumlah besar dengan sangat cepat.

Personal Komputer juga digunakan untuk memanipulasi teks atau grafik, mengakses Internet, atau bermain game atau media.

Komponen utama komputer adalah:

  • Central Processing Unit (CPU),
  • Monitor,
  • Keyboard,
  • Mouse

Awalnya komputer pertama berukuran sebesar sebuah ruangan besar, serta mengkonsumsi daya sebanyak beberapa ratus komputer pribadi modern. Berikut adalah gambar komputer pertama:

komputer pertama
s0.geograph.org.uk

Tapi sejak berkembangnya Teknologi, komputer sekarang menjadi lebih kecil dan jauh lebih bertenaga.

2. Internet

Internet ditemukan sebagai hasil penelitian yang dilakukan pada awal 1960-an oleh orang-orang visioner seperti J.C.R. Licklider dari MIT.

Yang terakhir melihat nilai tambah yang memungkinkan komputer untuk berbagi informasi tentang penelitian dan pengembangan di bidang ilmiah dan militer.

Itulah sebabnya, dia mengusulkan jaringan komputer global pada tahun 1962, dan pindah ke Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan (DARPA) pada akhir tahun 1962 untuk mengepalai pekerjaan untuk mengembangkannya.

3. WEB

Meskipun banyak orang menggunakan istilah Internet dan Web secara bergantian, mereka sebenarnya tidak sama. Internet adalah jaringan besar yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia.

Komputer di jaringan ini dapat berkomunikasi dengan komputer lain selama mereka terhubung ke Internet. Web atau World Wide Web (WWW), bagaimanapun, adalah cara mengakses informasi melalui media Internet.

Ini adalah ruang informasi atau model yang dibangun di atas Internet di mana dokumen dan sumber daya web lainnya diidentifikasi oleh URL (Uniform Resource Locator), yang secara informal disebut alamat web. Ruang ini dihubungkan oleh tautan hypertext, dan dapat diakses melalui Internet.

World Wide Web ditemukan oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Dia menulis browser web pertama pada tahun 1990 saat bekerja di CERN di Swiss.

Adapun perkembangan Web mulai dari Web 1.0, Web 2.0, dan yang terbaru adalah Web 3.0.

Komponen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

komponen TIK
s3.amazonaws.com

1. Komputer Cloud

Istilah ini menggambarkan pusat data yang disediakan bagi banyak pengguna melalui Internet. Big cloud, memiliki fungsi yang didistribusikan ke beberapa lokasi dari server pusat.

Jika koneksi ke pengguna relatif dekat, itu mungkin ditetapkan sebagai server tepi. Cloud yang terbatas pada satu organisasi adalah (cloud company), cloud untuk beberapa organisasi (public cloud) atau kombinasi keduanya (cloud hybrid). Cloud publik terbesar adalah Amazon AWS.

2. Perangkat Lunak (Software)

Software adalah sekumpulan instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu.

Berbeda dengan hardware, yang merupakan aspek fisik dari komputer, perangkat lunak lebih merujuk pada aplikasi, skrip, dan program yang aktif di perangkat.

Software merupakan bagian variabel dari sebuah komputer dan hardware adalah bagian yang tidak berubah.

Software terbagi menjadi: software aplikasi, atau program yang di-download pengguna yang dapat memenuhi kebutuhan, dan perangkat lunak sistem, yang mencakup sistem operasi dan program apa pun yang mendukung perangkat lunak aplikasi.

3. Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau perangkat keras dalam konteks teknologi, mengacu pada elemen fisik yang membentuk komputer atau sistem elektronik dan segala sesuatu yang terlibat yang berwujud secara fisik. Ini termasuk monitor, hard drive, memori dan CPU. Perangkat keras bekerja bahu membahu dengan firmware dan perangkat lunak untuk membuat komputer berfungsi. Perangkat keras hanyalah salah satu bagian dari sistem komputer; ada juga firmware, yang tertanam di perangkat keras dan mengontrolnya secara langsung.

4. Transaksi Digital

Definisi Transaksi Digital secara luas sebagai transaksi online atau otomatis yang terjadi antara orang dan organisasi — tanpa menggunakan kertas.

Transaksi digital menghemat waktu dan uang, menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

Pengalaman pelanggan juga ditingkatkan (pikirkan kenyamanan eSigning versus keharusan mencetak kontrak, menandatanganinya, dan kemudian mengembalikannya melalui surat atau faks).

Dan transaksi digital meningkatkan kemampuan pelacakan — yang membantu mengurangi kesalahan.

5. Data Digital

Data Digital adalah data yang merepresentasikan bentuk data lain dengan menggunakan sistem bahasa mesin tertentu yang dapat diinterpretasikan dengan berbagai teknologi.

Yang paling mendasar dari sistem ini adalah sistem biner, yang hanya menyimpan informasi audio, video atau teks yang kompleks dalam serangkaian karakter biner, biasanya satu dan nol, atau nilai «on» dan «off».

6. Akses Internet

Internet Access adalah proses menghubungkan ke internet menggunakan komputer pribadi, laptop, atau perangkat seluler oleh pengguna atau perusahaan.

Internet tunduk pada kecepatan sinyal data dan pengguna dapat terhubung dengan kecepatan internet yang berbeda.

Dengan akses internet memungkinkan individu atau organisasi untuk memanfaatkan layanan internet / layanan berbasis web. Internet mulai mendapatkan popularitas dengan akses internet dial-up.

Dalam waktu yang relatif singkat, teknologi akses internet berubah, memberikan pilihan yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Saat ini, teknologi broadband seperti internet kabel dan ADSL adalah metode yang paling banyak digunakan untuk akses internet.

Kecepatan, biaya, keandalan, dan ketersediaan akses internet tergantung pada wilayah, penyedia layanan internet, dan jenis koneksi.

Ada banyak cara berbeda untuk memperoleh akses internet, termasuk koneksi Nirkabel, koneksi Seluler, Hotspot, Dial-up, Broadband, DSL atau Satelit.

Jenis Skill atau Keahlian Di Bidang TIK

skill atau keahlian dalam bidan TIK
smallrevolution.com

Namun, TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi biasanya lebih dari sekedar daftar komponennya. Tapi juga mencakup penerapan semua dari berbagai komponen itu sendiri.

Dan dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi ada beberapa keahlian yang dibutuhkan dalam bidang TIK ini. Berikut beberapa keahlian atau skill dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Manajemen dan Penyiapan Email

Mampu berkomunikasi secara efektif dan sukses melalui email sangat penting untuk pekerjaan apa pun. Kamu perlu mengirim email ke kolega, pemberi kerja, klien, vendor, dan sebagainya.

Perusahaan mengharapkan karyawan mereka untuk menulis email yang profesional dan ditulis dengan baik, serta segera menanggapi pesan yang diterima di kotak masuk mereka.

Bergantung pada tingkat keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan Kamu, Kamu mungkin juga perlu mengelola pengaturan atau mengatur akun email di berbagai perangkat kerja:

  • MS Outlook
  • Gmail dan G-Suite
  • Email SendinBlue
  • Alur
  • Depan
  • Zoho Mail
  • Komunikasi tertulis
  • Tanda Tangan Digital
  • Pengaturan Stationary
  • Di luar Pengaturan Kantor
  • Pengaturan Spam
  • Manajemen Kotak Masuk
  • Membuat Aturan

Riset Online (Online Research)

Hampir setiap pekerjaan membutuhkan setidaknya beberapa penelitian online. Kamu harus dapat menyaring semua informasi online untuk menemukan apa yang Kamu butuhkan.

Keahlian manajemen informasi online dasar seperti:

  • Search Engine Research
  • Checking Sources
  • Crediting Sources
  • FAQs
  • Online Forums

Manajemen Media Sosial

Beberapa pekerjaan mengharuskan karyawan menggunakan media sosial. Misalnya, orang yang bekerja di bidang marketing cenderung mengelola atau mengupdate informasi di media sosial perusahaan.

Meskipun ini bukan bagian penting dari pekerjaan Kamu, semakin banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan literasi media sosial dasar.

Semakin banyak Kamu mengetahui tentang manfaat dan batasan media sosial, semakin Kamu dapat mulai menggunakan media tersebut dengan cara yang berharga di tempat kerja.

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Pinterest
  • Instagram
  • Youtube
  • Indonesia
  • Reddit
  • Grup Media Sosial

Kolaborasi Online

Kolaborasi Online adalah kategori luas yang mengacu pada cara apa pun untuk berbagi informasi dengan rekan kerja (atau supervisor, atau klien) Kamu secara Online.

Ini termasuk menambahkan rapat ke kalender Online bersama, memberikan feed back pada dokumen melalui aplikasi dokumen yang berbasis web, dan mengadakan video konferensi secara Online dengan rekan kerja.

  • Skype
  • GoToMeeting
  • Google Docs
  • File sharing
  • DropBox Pro
  • Google Hangouts
  • Zoom

Manajemen Data dan Kueri

Dari peneliti, asisten administrasi sampai guru K-12, hampir semua orang harus dapat mengembangkan dan mengelola data menggunakan spreadsheet.

Selain itu, mereka harus mampu menganalisis data tersebut dan mengenali tren dan pola. Kefasihan dalam program seperti Microsoft Excel sangat penting dalam pasar kerja saat ini.

  • MS Excel
  • Filter
  • SQL
  • NoSQL
  • MySQL
  • Analisis kuantitatif

Penerbitan Desktop (Desktop Publisher)

Penerbitan desktop melibatkan pembuatan materi yang perlu dicetak dan didistribusikan. Ini mungkin termasuk selebaran, brosur, buletin, dan banyak lagi.

Karena Kamu dapat membuat begitu banyak hal menggunakan perangkat lunak penerbitan desktop, banyak pekerjaan mengharuskan Kamu memiliki beberapa keterampilan dasar di bidang ini.

Meskipun orang-orang dengan mata kreatif dan artistik mungkin sangat ahli dalam penerbitan desktop, siapa pun bisa menjadi lebih baik dengan latihan.

  • MS Publisher
  • MS PowerPoint
  • Microsoft Word
  • Pengaturan Cetak
  • Adobe Creative Suite
  • QuarkXPress

Smartphones dan Tablets

Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawan menggunakan smartphone dan tablet, mereka bahkan mungkin menyatakan bahwa pekerja harus dapat diakses melalui email selama jam-jam tertentu.

Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui cara menggunakan ponsel cerdas.

  • iPhone
  • Perangkat Android
  • Ponsel Cerdas Samsung
  • Perangkat Blackberry
  • iPad
  • Tablet Samsung
  • CAT S41
  • Panasonic ToughPad

Pemrosesan Kata (Word Processing)

Di zaman sekarang ini, diharapkan para calon karyawan tahu bagaimana menggunakan teknologi pengolah kata.

Kandidat harus bisa menghasilkan dokumen tertulis (seperti surat bisnis, kesimpulan rapat, dan lainnya) dengan menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word.

  • Microsoft Word
  • Penulis Kantor Libre
  • Transkripsi
  • Mengetik
  • Pencatatan

Keterampilan TIK Lainnya

  • Manajemen Kalender
  • Realtime Board
  • GoVisually
  • Analisis data
  • Big data
  • Ilmu Komputer
  • Pemrograman Komputer

Penutup

Sekian pembahasan kita tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi serta sejarah, komponen dan keahlian dalam bidang TIK. Semoga bermanfaat!