Tips dan Trik Android

Aptoide.id – Android adalah platform komputasi paling populer di dunia, sebagian besar karena sifat open-source-nya yang kuat. Sehingga banyak sekali tips dan trik Android 2019 di tahun kemarin.

Pengguna semakin menagumi Android karena fiturnya yang sangat banyak dan opsi penyesuaian, tetapi terkadang semuanya bisa sedikit membingungkan.

Google selalu membuat perubahan dan menghadirkan fitur-fitur baru untuk Android, dan OEM seperti Samsung dan LG dapat menambahkan fitur mereka sendiri ke dalam OS Android.

Mungkin sulit untuk mengikutinya, jadi kami telah mengumpulkan 25 tips dan trik Android 2020 yang bisa Anda coba.

23 Tips dan Trik Android Nougat Pie Terbaru 2019 2020 Samsung Xiaomi

1. Screencasting

screencasting

Apakah Anda memiliki Chromecast atau Android TV? Jika iya, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar streaming video ke dalamnya.

Perangkat Android dapat mencerminkan seluruh layar ke TV Anda, dan ini sangat mudah dilakukan. Pada perangkat Android stok (dan beberapa lainnya) ada ikon Cast di Quick Setting.

Silahkan tap ikon itu dan pilih perangkat keluaran untuk mulai mencerminkan layar Anda. Di ponsel lain, cukup unduh aplikasi Chromecast dan gunakan fitur screencasting bawaannya.

2. Nonaktifkan / Uninstall Bloatware

cara-hapus-bloatware

Kebanyakan HP Android sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan yang terkadang tidak kita butuhkan. Untungnya, sekarang aplikasi-apliaksi bawaan tersebut dapat dinonaktifkan sekarang.

Beberapa bloatware yang sudah terinstall dapat dicopot dengan menggunakan Play Store atau melalui menu pengaturan aplikasi.

Namun, apa pun yang menjadi bagian dari citra sistem tidak dapat dicopot. Jadi Anda hanya bisa menonaktifkannya dari menu aplikasi di pengaturan sistem utama dan cari aplikasi tersebut dalam daftar Anda.

Tepat di bagian atas akan ada tombol “Nonaktifkan” yang menghapusnya dari launcher aplikasi Anda dan mencegahnya berjalan di latar belakang.

3. Temukan Ponsel Saya

temukan-ponsel-saya

Kita semua terkadang lupa menaruh ponsel. Mungkin tersembunyi di bantal sofa atau di tempat yang sulit dijangkau. Tidak perlu panik, cukup gunakan fitur “Temukan ponsel saya” dari Google.

Anda dapat mengakses ini melalui web di perangkat mobile atau komputer. Cukup masuk ke akun Google Anda, dan pilih telepon Anda yang hilang dari menu drop-down. Google akan menunjukkan di mana tempatnya.

Anda juga dapat menderingkan HP Anda, meskipun dalam mode sunyi. Jika kemungkinan terburuk terjadi, Anda dapat menghapus data ponsel dari jarak jauh untuk melindungi data Anda.

4. Simpan Map Offline

offline-map

Google Maps sudah support untuk menyimpan peta secara offline, dan fitur tersebut terus diperbarui sehingga lebih canggih.

Temukan daerah yang ingin disimpan secara offline, lalu ketuk di bagian bilah pencarian di atas layar. Tutup keyboard dan gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi untuk mengunduh.

Aplikasi akan memunculkan garis besar untuk menunjukkan area yang akan diunduh dan memperkirakan berapa banyak ruang yang akan digunakan.

Data offline akan mencakup jalan, tempat menarik, dan kemampuan untuk memberikan navigasi seperti biasa.

5. Pengaturan Jangan Ganggu (DND)

mode-dnd

Anda akan menemukan pengaturan untuk fitur ini baik di volume pop-up ketika Anda menekan toggle atau dengan masuk ke pengaturan sistem dan opsi pemberitahuan.

Ini akan disebut Do not disturb di sebagian besar perangkat. Di menu ini, Anda bisa menentukan kapan DND secara otomatis diaktifkan, kontak mana yang diblokir dan diizinkan berdering.

Pada HP Android yang menggunakan Pie, DND sudah secara default untuk menyembunyikan notifikasi. Pastikan untuk mengubah setelan itu jika Anda masih ingin melihat apa yang terjadi di layar pemberitahuan.

6. Voice Match “Ok Google”

ok-google-android

Google Search adalah jantung dari semua ponsel Android, dan Anda dapat mulai searching kapan saja hanya dengan mengucapkan “Ok Google”.

Ini berfungsi di layar beranda dan di kotak pencarian secara otomatis, tetapi jika Anda masuk ke pengaturan pencarian, Anda bisa mendapatkan OK Google berfungsi di mana-mana.

Di setelan pencarian, buka Voice> Voice Match. Cukup aktifkan opsi “Akses dengan Voice Match” dan telepon akan meminta Anda mengucapkan “Ok Google” beberapa kali untuk mempelajari suara Anda.

Sekarang Anda dapat menggunakan kata cepat kapan pun perangkat aktif dari layar mana pun. Beberapa perangkat juga mendukung ini saat layar mati, sementara yang lain hanya bekerja saat perangkat aktif.

7. Google Asisten

google asisten

Apakah Anda sudah menyiapkan OK Google? Jika ya, Anda punya dua cara untuk mengakses Google Asisten. Untuk mengakses Asisten, gunakan OK Google atau tekan lama tombol beranda.

Kemudian, mulailah berbicara. Fitur ini eksklusif untuk Pixel selama beberapa bulan, tetapi sejak itu telah diluncurkan ke semua ponsel Android yang menjalankan Marshmallow atau lebih tinggi.

Asisten memahami lebih banyak konteks dan bahasa alami daripada fitur penelusuran suara lama Google, dan dapat diintegrasikan dengan layanan pihak ketiga seperti IFTTT, Samsung SmartThings, dan Nest.

Ini bagus untuk otomatisasi rumah dan menelusuri web, dan bahkan dapat membacakan berita hari ini untuk Anda.

8. Gunakan Pin Layar

pin-layar-android

Jika Anda perlu memberikan ponsel Anda kepada orang lain, Anda tidak ingin mereka mengintip aplikasi lain. Ini mudah untuk dicegah – cukup sematkan layar.

Ini harus diaktifkan secara default di sebagian besar perangkat, tetapi jika tidak, periksa menu keamanan. Ketuk ikon aplikasi pada aplikasi apa pun di antarmuka multitasking dan Anda dapat memilih “Pin” untuk mencegah mereka berpindah aplikasi.

Jika Anda memiliki layar kunci yang aman, Anda dapat meminta metode buka kunci tersebut untuk meninggalkan aplikasi yang disematkan.

9. Kelola Aplikasi Default

aplikasi-default-android

Banyak tindakan di Android akan meminta Anda menyetel aplikasi default, tetapi bagaimana jika Anda memutuskan tidak menyukai default itu lagi?

Sebagian besar ponsel saat ini memiliki menu pengaturan aplikasi default khusus dalam pengaturan aplikasi, tetapi Anda selalu dapat menghapus default tersebut dengan menemukan aplikasi default Anda di menu pengaturan aplikasi utama.

Saat Anda melihat halaman info untuk suatu aplikasi, akan ada opsi di bagian bawah untuk melihat dan menghapus default. Itu akan memungkinkan Anda memilih default baru saat berikutnya Anda melakukan tindakan.

10. Kelola Aplikasi di Web Play Store

web-play-store

Google menyertakan klien Play Store di perangkat Android, tetapi ada juga versi Play Store yang dapat diakses secara online. Bagi sebagian orang, ini tidak perlu dipikirkan, tetapi tidak semua orang berpikir untuk menggunakan Play Store berbasis web.

Anda dapat melakukan semua hal yang sama di sini seperti yang Anda lakukan di ponsel, tetapi lebih cepat. Aplikasi dan game dapat dibeli dan dikirimkan ke Android.

Anda dapat mengantrekan beberapa penginstalan dalam waktu singkat yang dibutuhkan di Android. Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat di akun Anda, Anda dapat memilih tujuan aplikasi.

11. Coba Home Screen yang Berbeda

home-screen-android

Sebagian besar perangkat Android memiliki UI khusus yang dibuat oleh pembuat perangkat (mis. Samsung Experience launcher untuk tips dan trik android samsung).

Itu termasuk Home Screen. Ini adalah bagian penting dari pengalaman, dan beranda default sering kali tidak terlalu efektif.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Nova Launcher untuk mengubah ikon, menetapkan gerakan navigasi, mengatur aplikasi, dan banyak lagi.

Kapan pun Anda ingin beralih antara layar beranda yang diinstal, cukup buka menu Beranda di pengaturan sistem.

12. Konfigurasikan Layar Kunci Anda

lock-screen

Rata-rata ponsel Android menawarkan berbagai macam layar kunci yang aman. Tapi tidak sedikit juga ponsel akan meminta Anda melakukan / mengatur layar kunci sendiri.

Layar kunci tersedia seperti PIN, pola, dan kata sandi. Sebagian besar perangkat sekarang sudah memiliki fitur fingerprin.

Untuk mengontrol layar kunci Anda, buka pengaturan sistem, dan temukan menu Keamanan. Beberapa ponsel memiliki menu layar kunci terpisah.

13. Tambahkan Pelacakan Data Seluler

lacak-penggunaan-data

Untuk memastikan Anda tidak kehabisan kuota bulanan, Anda dapat menentukan batas penggunaan dengan masuk ke menu penggunaan data di setelan sistem.

Beberapa ponsel menyebut ini sesuatu yang sedikit berbeda, tetapi selalu tepat di dekat bagian atas.

Di sini, Anda dapat mengatur tanggal setelan ulang paket, membuat batas peringatan, dan bahkan menonaktifkan data secara otomatis saat Anda akan mengalami kelebihan biaya.

14. Kesehatan Digital

kesehatan-digital

Mungkin terkadang Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, tetapi Android memiliki beberapa alat untuk membantu Anda menghindarinya.

Paket Kesehatan Digital (Android 9 dan lebih baru) menunjukkan aplikasi yang telah Anda gunakan, berapa lama, dan menawarkan cara untuk menghentikannya.

Menu pengaturan memecah aplikasi pada bagan, dan memungkinkan Anda menetapkan batas waktu untuk aplikasi yang ingin Anda kurangi. Grafik melacak notifikasi dan membuka kunci juga.

Ada juga mode “Wind down” yang secara perlahan meredupkan layar menjadi skala abu-abu saat mendekati waktu sleep.

15. Gunakan Mode Hemat Daya

mode-hemat-daya

Semua ponsel Android memiliki semacam mode hemat daya. Buka menu baterai (biasanya hanya Pengaturan> Baterai) di sebagian besar ponsel untuk melihat pengaturan ini.

Misalnya, Samsung menawarkan mode hemat daya biasa yang mengurangi kecerahan layar dan memperlambat CPU, lalu ada juga penghemat daya ultra yang mengunci perangkat hanya untuk beberapa aplikasi penting.

Sebagian besar ponsel, seperti yang dari Google, menawarkan mode hemat daya dasar seperti yang sebelumnya yang dapat dihidupkan secara otomatis ketika perangkat mencapai level baterai tertentu.

16. Backup Foto Otomatis

otomatis-backup-foto

Tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan atau merusak ponsel hanya untuk menyadari bahwa foto Anda tidak di-backup.

Anda dapat menghindari ini hanya dengan membuka aplikasi Google Foto dan mengaktifkan pencadangan otomatis. Mode default adalah “kualitas tinggi” dan ruang tidak terbatas.

Ini memampatkan foto Anda, tetapi secara tetap terlihat bagus. Jika ingin menyimpan versi asli, Anda bisa memilih untuk menggunakan ruang penyimpanan Drive Anda.

Anda mendapatkan 15 GB gratis dan dapat membeli lebih banyak.

17. Swipe Input pada Keyboard

swipe-input-keyboard

Mengetik dengan ibu jari Anda boleh-boleh saja sebagai metode masukan, tetapi sebagian besar ponsel juga memiliki masukan gesek. Cobalah dengan menyeret huruf untuk setiap kata.

Akurasi bervariasi menurut perangkat, tetapi Anda juga dapat memasang keyboard lain yang mungkin lebih sesuai untuk Anda.

Ada Gboard Google, tetapi yang lain lebih suka sesuatu seperti SwitfKey dengan kebanyakan setelannya.

18. Tema Gelap

tema-gelap-android

Banyak aplikasi (terutama Google) memiliki gaya putih cerah. Mulai Android 10, ada tema gelap seluruh sistem yang dapat mengubah aplikasi dan bagian UI sistem tersebut menjadi hitam yang keren.

Ini tersedia di setelan Tampilan atau lebih nyaman di setelan cepat. Beberapa telepon juga memiliki opsi untuk menjadwalkan tema gelap sehingga akan menyala secara otomatis setiap malam dan mati di pagi hari.

Hanya aplikasi yang telah dikembangkan untuk API bertema yang akan berfungsi, tetapi daftar itu bertambah dari hari ke hari.

19. Aktifkan Opsi Pengembang

developer-mode

Google menyembunyikan beberapa alat yang lebih canggih dalam menu Opsi Pengembang khusus yang harus Anda aktifkan untuk mendapatkan hal-hal seperti kecepatan animasi, debugging USB, dan aplikasi standby.

Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang, buka menu “Tentang ponsel” di bagian bawah pengaturan sistem dan temukan nomor versi.

Ketuk tujuh kali pada nomor versi dan Anda akan mendapatkan pesan bahwa Anda adalah seorang pengembang. Opsi developer sekarang akan berada di bagian bawah pengaturan sistem utama Anda.

20. Tombol Kunci Rotasi

kunci-rotasi

Kunci rotasi bisa sedikit sensitif, membalik layar saat Anda memiringkan ponsel sedikit terlalu jauh.

Untuk tips dan trik Android Pie (Android 9), Anda dapat mengubah pengaturan rotasi untuk menguncinya dalam mode potret tetapi masih memiliki akses ke mode lanskap.

Mulailah dengan menonaktifkan putar otomatis di pengaturan. Kemudian, cari tombol rotasi di bagian bawah layar saat Anda memutar telepon ke samping.

Ketuk itu, dan itu mengunci ke mode lansekap sampai Anda memutar telepon kembali. Ketuk tombol lagi, dan itu terkunci dalam potret lagi.

21. Layanan Autofill

autofill-android

Jika Anda memiliki Android 8.0 atau lebih tinggi di ponsel, Anda tidak perlu lagi mengetikkan sandi. Jadi pekerjaan Anda sedikit menjadi lebih cepat.

Masuk ke setelan masukan dan buka menu lanjutan untuk mengaktifkan autofill untuk nama pengguna dan sandi.

Secara default, Anda dapat mengaktifkan layanan Autofill Google, yang terkait dengan Chrome.

Cukup ketup kolom login di semua aplikasi yang membutuhkan login, dan aplikasi autofill dapat menambahkan usernam dan password yang cocok.

22. Saluran Notifikasi

saluran-notifikasi

Dimulai di Android 8.0 Oreo, Google mempermudah mengurangi kebisingan notifikasi.

Aplikasi sekarang memiliki saluran notifikasi, sehingga Anda dapat mengubah bagaimana berbagai peringatan mereka muncul (dan apakah mereka muncul sama sekali).

Untuk mengedit saluran notifikasi, buka layar info aplikasi atau tekan lama notifikasi dan ketuk roda gigi pengaturan untuk melihat semua saluran terkait.

Untuk tips dan trik Android 10, Anda dapat mengetuk opsi “Matikan notifikasi” untuk mendapatkan popup dengan saluran yang tersedia.

Di sini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan setiap saluran, mengubah tampilannya, dan banyak lagi.

23. Aplikasi Sideload (Aman)

sideload-app

Play Store memiliki banyak aplikasi, tetapi jika Anda ingin sedikit mengembangkannya, ada cara aman untuk melakukannya.

Pertama, masuk ke pengaturan keamanan di perangkat Anda dan aktifkan “Sumber Tidak Dikenal”.

Itu akan memungkinkan Anda menginstal APK yang diunduh dari luar Play Store. Beberapa yang populer adalah Amazon Appstore, F-Droid, dan APK Mirror.

Amazon menawarkan sejumlah aplikasi berbayar secara gratis, dan F-Droid adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka.

APK Mirror menghosting ulang APK gratis sehingga Anda tidak perlu menunggu peluncuran bertahap dan bisa mendapatkan software versi lama.

Akhir Kata

Setelah membaca tips dan trik Android di atas, kami harap Anda bisa menjadi ahli dalam menggunakan Android. Ini baru permulaan. Ada lebih banyak hal yang bisa ditemukan di Android, dan setiap perangkat berbeda.

Jadi, jangan takut untuk melihat-lihat dan mencoba semua menu yang ada dalam pengaturan di sistem Android Anda. Jika Anda ingin belajar mengedit video di Android cobalah Aplikasi Edit Video Android Offline.