Ukuran Thumbnail YouTube

Posted on

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak penonton pada video YouTube Anda, salah satu taktik yang cukup ampuh adalah dengan membuat gambar menarik dan ukuran thumbnail YouTube yang pas.

Optimalkan thumbnail YouTube Anda dengan dimensi berikut: wide 1280 pixels height 720 pixels, dengan wide minimum 640 pixel. Aspek Rasio 16: 9 adalah yang paling ideal karena ini paling sering digunakan di pemutar dan preview YouTube.

Thumbnail sama pentingnya dengan judul video, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan klik. Gambar mini ini dapat menarik perhatian pengguna dan membantu Anda menonjol dalam hasil penelusuran.

Karena thumbnail gambar ini juga muncul di mesin pencari Google, thumbnail tersebut sangat penting untuk memaksimalkan tayangan Anda.

Dalam postingan ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang thumbnail YouTube, termasuk size yang ideal, dan tips untuk mempraktikannya.

Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal untuk Hasil Terbaik

Apa itu Thumbnail YouTube?

Anda mungkin sering mendengar, “Jangan menilai buku dari sampulnya.” Dan meskipun dalam banyak kasus itu mungkin nasihat yang masuk akal, tapi ini hal yang jauh berbeda untuk YouTube.

Orang menilai gambar dan video berdasarkan thumbnail mereka. Di zaman visual ini, gambar mini memiliki kemampuan untuk memberikan kesan pertama yang baik atau buruk.

Tapi apa sebenarnya gambar mini itu? Thumbnail YouTube adalah versi gambar atau video dengan ukuran yang diperkecil. Jika penonton tertarik, mereka dapat mengklik thumbnail tersebut untuk memperluas gambar dan melihat gambar secara lengkap.

Thumbnail membuat halaman lebih kecil, lebih mudah dilihat dan juga memungkinkan pemirsa memiliki kendali atas apa yang ingin mereka lihat.

Apa Pentingnya Thumbnail YouTube?

Berbeda dengan intro YouTube, thumbnail video yang bagus dapat membuat perbedaan besar bagi penonton yang mengklik video Anda atau memutuskan untuk menonton yang lain atau tidak.

Ini memungkinkan viewers Anda mengetahui apa yang akan mereka lihat, dan mengapa itu adalah sesuatu yang mereka minati, sama seperti halnya sampul buku.

Anda mungkin pernah mengalami ini di YouTube satu atau dua kali. Anda menonton satu video, lalu melihat thumbnail untuk video lain yang mungkin menarik bagi Anda.

Thumbnail inilah yang mendorong Anda untuk mengklik dan menonton. Gambar mini yang bagus membuat konten Anda menonjol dan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan klik.

Tetapi dalam membuat gambar thumbnail yang menarik tidak hanya dibutuhkan sklill dalam mengedit gambar. Tetapi beberapa aspek lain seperti ukuran dan aspek rasio juga sangat penting.

Karena jika Anda membuat gambar yang terlalu kecil maka gambar akan memiliki kualitas yang buruk, jadi yang melihat tidak akan bisa melihat dengan jelas pesan dalam gambar tersebut.

Berapa Ukuran Thumbnail Video YouTube yang Ideal?

Berdasarkan rekomendasi Google, ukuran untuk thumbnail YouTube harus berukuran 1280 x 720 piksel, dengan lebar minimum 640 piksel. Dengan aspek rasio 16: 9 adalah yang paling ideal.

Ini adalah fakta yang akan mengejutkan kebanyakan, tetapi masih masuk akal bahwa thumbnail akan menjadi kecil saat muncul dalam penelusuran, thumbnail tersebut akan diperluas menjadi ukuran video penuh.

Lalu kenapa harus membuat gambar besar? Untuk alasan ini, lebih baik membuat ukuran gambar yang lebih besar yang dapat diperkecil, daripada ukuran kecil yang akan diperbesar.

Karena jika gambar besar diperkecil masih akan terlihat jelas, sedangkan gambar kecil yang diperbesar, kualitasnya akan buruk.

Beberapa detail teknis penting lainnya meliputi:

  • Format gambar untuk thumbnail YouTube sebaiknya .JPG, .PNG atau BMP.
  • File gambar Anda harus di bawah batas ukuran file 2MB.

Cara Membuat Cover YouTube dengan Aplikasi Gratis

Sampul YouTube lebih menarik dengan ukuran cover video YouTube yang ideal serta setidaknya ditambahkan beberapa elemen desain yang membantunya terlihat lebih profesional.

Untuk membuatnya ada banyak aplikasi atau layanan situs online yang dapat Anda gunakan untuk membuat thumbnail YouTube secara gratis.

Kebanyakan orang menggunakan Adobe Photoshop. Karena Anda bisa dengan mudah menentukan ukuran thumbnail YouTube di Photoshop.

Tapi jika Anda Membuat Video YouTube di HP, dan melakukan semuanya di HP, maka aplikasi Canva untuk Android adalah pilihan yang terbaik untuk Anda download. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Cara Mengatur Thumbnail di YouTube

Mengatur gambar thumbnail adalah proses yang sangat mudah, setelah Anda mengupload video, Anda akan melihat serangkaian screenshot default di bagian bawah setelan video Anda.

thumnail youtube

Di sebelah kiri gambar-gambar thumbnail tersebut, Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “Upload thumbnail“. Cukup klik untuk menambahkan thumbnail pilihan Anda dari komputer Anda.

Tips dan Trik Custom Thumbnail Untuk Hasil Terbaik

Selain beberapa tips yang telah kita diskusikan di atas, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan pada setiap thumbnail video untuk mendapatkan hasil terbaik.

Beberapa berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Ambil Gambar Menarik dalam Video

Jika Anda berencana menggunakan adegan dalam video sebagai bagian dari gambar thumbnail YouTube Anda, coalah cari ekspresi yang unik atau adegan yang membuat orang lain penasaran dengan adegan tersebut.

Sehingga mereka mengklik dan menonton video lengkap dari gambar tersebut. Lihatlah thumbnail dari channel YouTube “KELUARGA 62” berikut ini:

thumbnail menarik

Apa yang Anda pikirkan? Ya, dengan melihat ekspresi wajah tersebut pasti Anda akan penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi pada orang-orang itu dan menonton video tersebut untuk mencari tahu.

2. Gunakan Warna Kontras

Menggunakan warna yang tepat akan sangat membantu dalam mendapatkan lebih banyak tampilan dan klik pada konten Anda. Itu termasuk menggunakan warna-warna kontras.

Warna yang kontras, terutama dalam hal grafik dan teks pada gambar Anda, akan langsung menarik perhatian. Saat Anda berkompetisi dalam hasil penelusuran atau video yang disarankan, ini sangat membantu.

Gambar Anda tidak harus terlalu terang atau gelap sehingga mengurangi kualitas gambar. Penyesuaian halus saja sudah cukup untuk membantunya menonjol dalam persaingan.

3. Keringkasan adalah Kuncinya

Yang kami maksud dengan keringkasan di sini adalah gunakan tulisan yang mewakili isi video. Hal ini penting dalam hal teks yang Anda tempatkan pada thumbnail Anda.

Karena jika pengguna ingin melihat judul video Anda, mereka dapat melihat di bagian judul. Jika mereka ingin mengetahui lebih detail, mereka akan membaca deskripsinya, atau langsung menonton videonya.

Jadi, gunakanlah tulisan yang ringkas dalam gambar.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Thumbnail

Kami sudah membahas tentang segala hal yang mungkin dapat Anda lakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil maksimal dari thumbnail YouTube Anda. Sekarang ada hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan.

Mengenai kesalahan yang harus dihindari (selain hanya menggunakan thumbnail default YouTube, atau menggunakan ukuran thumbnail yang salah), ada beberapa yang perlu diingat. Ini termasuk:

  • Terlalu banyak teks: Masukkn teks yang cukup ringkas untuk menyampaikan maksud Anda dan tidak boleh lebih.
  • Ukuran teks terlalu kecil: Saat gambarnya berupa thumbnail kecil dalam penelusuran atau rekomendasi video, maka teks tidak akan terbaca jelas. Ini dapat mengurangi jumlah klik yang Anda dapatkan.
  • Gambar yang tidak relevan: Gunakanlah gambar yang relevan dengan isi video Anda. Jangan demi membuat thumbnail yang menarik, Anda memasukan gambar yang tidak sesuai dengan isi video. Ini berpengaruh pada kepercayaan penonton.

Penutup

Thumbnail YouTube sangat besar pengaruhnya untuk meningkatkan klik pada video konten Anda. Terlebih jika Anda baru saja membuat channel YouTube, orang belum mengenal channel Anda, pastikan mereka tertarik.

Saat membuat gambar khusus untuk konten video di YouTube, pastikan ukuran thumbnail YouTube sesuai dan Anda ikuti tips dan trik yang sudah kami bahas di atas.